Fine Size Reduction

Size reduction adalah operasi untuk mereduksi atau memperkecil ukuran partikel dengan cara memecah, memotong dan menggiling bahan tersebut sampai didapatkan ukuran yang diinginkan. Salah satu step operasi dari size reduction  adalah fine size reduction. Fine size reduction adalah alat yang digunakan untuk mereduksi padatan halus. Salah satu contoh alat yang termasuk dalam fine size reduction adalah grinder.

Jenis grinder yang digunakan dalam fine size reduction adalah :

  1. Fine grinder
  2. Ultra fine grinder

Berbagai jenis grinder diatas akan dibahas pada poin dibawah ini.

1. Fine grinder

Adalah alat yang digunakan untuk mereduksi partikel dengan ukuran 20 mesh. Contoh alat yang termasuk dalam fine grinder adalah ball mill, tube mill, rad mill, roller mill, ring roll pulverizer.

2. Ultra fine grinder

Adalah alat yang digunakan untuk mereduksi partikel dengan ukuran lebih kecil dari ¼ inc. sedangkan produknya berukuran antara 1-50μm. Contoh alat yang termasuk dalam ultra fine grinder adalah hammer mill dengan internal dissification, fluid energy mill, agitated mill.

Dari beberapa contoh alat diatas secara spesifik akan dibahas mengenai Tube mill, dan Ring roll pulverizer.

Tube mill

Tube Mill

Tube mill merupakan bagian dari grinding equipment yang dikenal juga dengan sebutan tumbling mill. Alat ini banyak digunakan pada industri, contohnya pada industri semen . Yang berfungsi untuk mereduksi ukuran partikel . Jenis-jenis mill tergantung pada diameter, panjang rasio, konfigurasi geometri, tipe bentuk body  grinding , metal atau non metal yang digunakan dalam mill. Tipe tube mill tergantung dari shell logam yang membentuk lingkaran memutar,silender-silender conical dalam bagian longitudinal dengan sumbu x nya memiliki umpan masuk di salah satu sisi dan memiliki outlet di sisi lain. Strukturnya dilengkapi dengan gear pinion grive yang digunakan untuk mengatasi ketidakseimbangan berat beban. Struktur tube mill digambarkan sebagai cylindrical shell yang terhubung dengan conical shell satu sama lain. Strukturnya tergantung dari berat  yang akan di masukan yang akan diputar dalam shell yang hasilnya akan dikeluarkan melalui tubling charge, kekuatannya tergantung dari pabrikasi.

Aplikasi tube mill sangat bervariasi yaitu dapat digunakan dalam industri kimia,makanan,kosmetik,dan industri farmasi:

  • Reclaiming tablet farmasi

Yaitu recycle ulang dari tablet untuk menjadi bubuk

  • Ukuran partikel basah dan kering dalam pembentukan tablet
  • Delumping detergen kering selama produksi
  • Deagglomerating buah-buahan kering seperti kismis dan cranberry
  • Membuat remah roti dari sisa-sisa

Keunggulan dari tube mill

Terutama dalam industri farmasi yaitu: low noise, ukuran partikel lebih seragam, fleksibelitas dalam design, dan kapasitas yang lebih tinggi

Ring roll pulverizer

Ring Roll Pulverizer

Adalah alat mekenik yang digunakan untuk mengrinding dalam berbagai tipe material. Sebagi contoh digunakan dalam pelumatan batubara dalam proses pembakaran dengan menggunakan steam generating furnace yang berbahan dasar fosil.

Tipe mill ini terdiri dari dua ring yang terpisah oleh sebuah bola besar. Ketika ring yang dibawah berputar, ring yang atas menekan bola kebawah melalui satu set spring. Material yang akan dilumatkan diletakan pada bagian tengah pulverizer (tergantung design) dan ground sebagai ring yang lebih rendah berputar menyebabkan bola melintasi orbital antara ring atas dan bawah. Bahan yang sudah dilumatkan dibawa ke luar mill dengan laju alir udara yang dilewatkan pada bahan tersebut, ukuran partikel yang dilumatkan tergantung dari grinding section yang ditentukan dengan classifier separator.

Iklan

Ikutan Komentar Yukkk...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s