Investo Even

Ekspresikan Energimu Untuk Bumi

                Potongan kalimat diatas merupakan sepenggal kalimat yang diusung untuk tema Investo, Semarang 27-28 Januari 2012. Hanya terdiri dari empat kata, namun memiliki arti yang luas, beragam, dan mendalam. Saat di belahan bumi dunia kini tergerus eksploitasi massal industrialisasi, hadirlah acara-acara yang kembali menggugah kesadaran kita untuk mem-bumi.

                 Inilah yang kini banyak digalakkan, mengapa demikian?. Karena dalam perspektif modernisasi yang menginginkan keseimbangan hidup tanpa bencana alam atau efek global warming hingga berpuluh atau ratusan tahun kedepan harus meyadari bahwa saat ini sudah bukan lagi saatnya mengeksploitasi apa yang ada di bumi secara besar-besaran tanpa disertai regenerasi. Begitu pentingnya ‘regenerasi’ ini namun sering diabaikan. Yang perlu diregenasi tidak hanya hutan, tapi juga pola hidup dan pola pemikiran kita yang harus membiasakan diri dengan pola hidup hijau.

Pola hidup hijau merupakan bentuk representasi nyata kecintaan seseorang pada bumi, pada bangsa. Kalau kita menunggu sampai kita bisa melakukan reboisasi, aksi penanaman karang atau yang lainnya mungkin akan lama terealisasi bagi setiap orang. Tapi dengan menerapkan pola hidup hijau tentu saja lebih mudah untuk diterapkan, cepat dalam pengaplikasian, dan juga memberikan keuntungan secara ekonomi.

                  Kaum muda yang penuh energi, semangat, dan kreatifitas yang menjadi target di acara ini sudah sewajarnya melek pola hidup hijau, bahkan harusnya sadar betul pentingnya pola hidup ini terus diterapkan dalam kehiupan sehari-hari. Intinya jangan menunggu semua orang disekitarmu melakukan perubahan, kemudian dirimu yang terlambat melek itu baru mengikutinya. Sadari benar-benar bahwa pola hidup hijau adalah investasi masa depanmu untuk alam, untuk satu, dua, atau tiga generasi yang berada dibawahmu kelak. Jadi, tiap orang sebenarnya bisa berinvestasi untuk Bumi, untuk bangsa, untuk Generasi Penerus.

                Lalu bagaimana caranya memulai pola hidup hijau?. Kuncinya menurut saya “JUST DO IT”. Ini bukan soal berfikir lagi, tapi bagaimana soal bertindak. Banyak orang saat ini terlalu banyak berdiam, minim aksi. Ringkasnya seperti ini saat kita hemat dalam menggunakan air untuk mencuci tangan, pakaian, mandi itulah wujud cinta bumi. Saat kita memilih untuk berjalan kaki atau bersepeda untuk jarak dekat itulah wujud cinta bumi. Saat kita bersikap bijak dalam menggunakan sumber energi yang tidak terbarui itulah wujud cinta bumi. Saat kita mulai mendaur ulang sampah itulah wujud cinta bumi. Saat kita mulai ikut terlibat dalam kegiatan investo juga merupakan wujud cinta bumi.

 

Banyak bentuk cinta yang bisa kita berikan untuk bumi yang telah tua ini. Banyak cinta yang bisa kita berikan untuk alam yang terus menerus menangis perih berkepanjangan akibat industrialisasi dan konsumerisme. Ini bukan masanya berpangku tangan melihat perubahan, tapi sudah saatnya kita berperan menjadi “agen of change”, agen perubahan jangka panjang untuk bumi tercinta.

 

Kemarin, saya sempat mengikuti acara workshop “citizen journalism” bertemakan lingkungan. Yang pembicaranya berasal dari pertamina foundation, teh kotak, dan kompas. Walaupun ketiga pihak sponsor ini berasal dari latar belakang yang berebeda namun sama dalam satu tujuan yaitu ‘aksi nyata untuk bumi’, mendanai kegiatan kreativits kaum muda untuk bumi. Keep on supporting even for our mother earth.
 

Iklan

2 pemikiran pada “Investo Even

Ikutan Komentar Yukkk...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s