Kenaikan Harga BBM/TDL = Seleksi Alam Bagi Rakyat

ada wacana yang saya baca di beberapa portal berita bahwa akan ada kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) di awal bulan april tahun ini. bila kenaikan BBM terjadi tentu saja akan ada kenaikan TDL (Tarif Dasar Listrik). Kenaikan BBM saja sudah akan berefek pada kenaikan harga banyak bahan-bahan pokok, ongkos transportasi, harga barang, dsb. tidak akan ada yang tidak terkena efek kenaikan harga BBM.

karena hampir semua bahan membutuhkan pengangkutan (transportasi), nah alat2 transportasi butuh BBM.

apalagi diikuti dengan kenaikan TDL. dipastikan akan menambah kenaikan harga berbagai kebutuhan, baik primer, sekunder, ataupun tersier. alasannya selalu seputar ini, subsidi pemerintah kini kurang memadai untuk menekan harga jual BBM, ataupun TDL. kemudian pemerintah akan menanggapi dengan pernyataan subsidi BBM atau TDL terlalu membebani negara akan lebih bemanfaat bila dialihkan ke sektor lain.  lalu beberapa pihak akan menambahkan dengan pernyataan ‘rakyat kita perlu dididik mandiri’ harga BBM di negara kita tidak relevan dengan harga minyak dunia dan mulai membandingkan harga BBM di negara kita dengan negara lain.

kira-kira begitulah parodi di negeri ini.

saat membuat tulisan ini saya ingat dengan teori dalam mata pelajaran biologi yang saya dapatkan di bangku Sekolah Mengengah Pertama, ‘Teori Seleksi Alam’. jadi menurut pemikiran saya kenaikan harga BBM atau TDL merupakan seleksi alam bagi rakyat. dalam teori seleksi alam yang kuatlah yang akan bertahan hidup. yang mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang akan bertahan hidup. kira-kira seperti itulah target yang ingin dicapai pemerintah. menerapkan seleksi alam untuk rakyat, dengan alih-alih memandirikan rakyat.

jadi, bagi yang tidak kuat untuk bertahan dengan perubahan akan tersingkir dengan sendirinya.

bisa jadi akan ada pembangunan infrastruktur, peningkatan layanan kesehatan, subsidi pendidikan, dsb. tapi entah karena rakyat miskin di Indonesia ini terlalu banyak jumlahnya sehingga tidak bisa tersentuh secara menyeluruh. berpikir negara adalah hal yang tidak berkesudahan. tapi melihat saudara sebangsa mati karena kelaparan, anak-anak di Indonesia mati karena busung lapar, sekolah rubuh, generasi penerus dengan IQ rendah karena kurang gizi rasanya menyayat hati.

kenaikan BBM ini pasti menyentuh banyak aspek, sangat berimbas pada kehidupan rakyat miskin, kalau ada pengurangan subsidi buktikan bahwa pemerintah mampu memberikan peningkatan taraf hidup, kemandirian, atau paling tidak peningkatan layanan kesehatan & sarana/kemudahan pendidikan yang NYATA.

4 thoughts on “Kenaikan Harga BBM/TDL = Seleksi Alam Bagi Rakyat

  1. Saya sih terserah mau naik apa nggak. Pemerintah pasti tahu mana yang terbaik untuk semua. Kalo BBM gak dinaikin, membebani APBN. Kalo gak naik, negara bisa bangkrut.😦
    Seperti kata Pak JK, gak usah banyak kajian, naikkan saja! (sumber: di sini)

Ikutan Komentar Yukkk...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s