Kutipan Favorit Saya dalam Buku Gadis Pantai

” Sekarang kamu mesti belajar menangis buat dirimu sendiri. Tak perlu orang lain lihat atau dengarkan. Kau mesti belajar menyukakan hati semua orang.” ( Emak Gadis Pantai – hal.67 )

” Apa yang mesti sahaya dongengkan? Orang kecil memang cuma punya dongeng tentang dirinya.” ( Sahaya tua Gadis Pantai – hal.95 )

” Perempuan ini diciptakan ke bumi, Mas Nganten, barangkali memang buat dipukul lelaki. karena itu jangan bicarakan itu Mas Nganten. Pukulan itu apalah artinya kalau dibandingkan dengan segala usahanya buat bininya, buat anak-anaknya.” ( Sahaya tua Gadis Pantai – hal.95 )

” Tuhan ciptakan bumi dan langit, alam dan dunia dalam kesempurnaannya. Ada siang ada malam. Ada malaikat ada setan dan iblis. Ada tinggi dan rendah. Kalau semua miskin, semua kaya, lantas bagaimana zakat, bagaimana fitrah, mana hamba dan mana bendoro?. Kiamat. Ya-ya mungkin itu tanda-tada kiamat, Mas Nganten.” ( Sahaya tua Gadis Pantai – hal.96 )

” Tuhan ciptakan bumi dan langit, alam -dewa yang tak terungkit dalam kehidupan ini, yang lain-lain adalah goyah tanpa pegangan.” ( Sahaya tua Gadis Pantai – hal.133 )

” Hanya dewa-dewa yang tak terungkit dalam kehidupan ini, yang lain-lain adalah goyah tanpa pegangan.” ( Sahaya tua Gadis Pantai – hal.133 )

” Aku tak butuhkan sesuatu dari dunia kita ini. Aku cuma butuhkan orang-orang tercinta, hati-hati yang terbuka, senyum, tawa, dan dunia tanpa duka, tanpa takut.” ( Gadis Pantai – hal.138 )

” Emas itu biang keladi di daratan – Mutiara biang keladi di lautan. Tambah banyak barang emas masuk kemari, tambah banyak kemungkinan bajak datang.” ( Kakek tua di kampung nelayan – hal.194 )

” Aku tidak suka pada priyayi. Gedung-gedung berdinding batu itu neraka. Neraka. Neraka tanpa perasaan.” ( Gadis Pantai – hal.268 )

” Kampung kita akan terima kau seperti dahulu waktu kau dilahirkan nak. Semua orang datang memberikan berkahnya.” ( Bapak Gadis Pantai – hal.269 )

” Tidak, bapak, aku tak kembali ke kampung. Aku mau pergi yang jauh.” (Gadis Pantai -hal.269 )

Iklan

10 pemikiran pada “Kutipan Favorit Saya dalam Buku Gadis Pantai

    • sebenarnya masih banyak Pak, begitulah Pramoedya dengan keindahan karyanya bagi penikmatnya. tapi kutipan diatas yang saya lampirkan merupakan kutipan favorit saya secara pribadi. mungkin bila ada yang ingin menambahkan diperkenankan. masing-masing bisa memaknai isi didalam dan memilih bagian favorit sesuai dengan selera pribadi.
      salam kenal 🙂

Ikutan Komentar Yukkk...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s