T & J seputar Ular

My Sista with Juminten a.k.a Njum

 

Kemarin ada yang bertanya ke adik saya secara random tentang our lovely baby boo Njum. jadi, saya terinspirasi untuk menuliskan beberapa tanya jawab seputar Ular.

T : Apa ular itu bau?.

J : Ularnya  sih ga bau, yang bau kotorannya.

 

T : Apa melihara ular itu repot?.

J : Sangat tidak repot, simple malah. makan seminggu sekali, mandi pake sabun seminggu sekali (setelah buang air kecil dan besar secara bersamaan).

 

T : Ular makannya apa?.

J : Tikus/ marmut/ burung.

 

T : Apa ular itu galak?. ga takut di gigit?.

J : Hampir semua orang bertanya kaya gt. kalau membeli ular yang sudah di jinakkan tentu saja sudah jinak, yang penting sering kontak fisik dengan pemilik (mengajak bermain). untuk ular-ular tententu harus lebih sering kontak fisik dengan pemilik karena galak. contoh : Boa, Condro.

 

T : Pernah di gigit ular peliharaannya?.

J : Alhamdulillah selama setahun bareng Njum, belum pernah di gigit (jangan deh). hehehe

 

T : Apa Njum pernah kabur dari box nya?.

J : Pernah, sekali and I’m so panic. takut Njum kabur ke kamar orang (bisa-bisa di usir dari kostan).

 

T : Apa yang harus dilakukan saat ular kita kabur?.

J : Don’t be Panic, stay cool. hahaha. Ular itu nocturnal, aktif di malam hari. kalau siang kabur, malamnya pasti keluar sendiri dari persembunyiannya. tinggal tungguin aja deh.

 

T : Apa yang harus dilakukan saat di gigit ular?.

J : Baca disini aja yaaa…

 

T : Apa yang membuat ular jadi ga mood?.

J :  Pas lagi ganti kulit atau lagi sakit (misal  sariawan, flu, pencernaannya terganggu, ga nafsu makan)

 

T  :  Apa yang harus dilakukan saat ular ga mood?.

J  :  Ganti kulit ( tugguin sampai selesai ganti kulit), Sariawan (kasih enkasari), Flu (bawa ke doter hewan), Ga nafsu makan (Kasih campuran curcuma & lasegar)

 

T  : Apa yang harus dipertimbangkan sebelum memelihara ular?.

J  : Sebelum memelihara hewan apapun pertimbangkan ini. memelihara hewan apapun itu harus atas dasar suka. suka saja tidak cukup tanpa keinginan untuk merawat hewan tersebut. harus siap direpotkan, dan penuh komitmen.

 

Sekian dulu ya T & J nya. kalau ada yang ingin ditanyakan monggo di komen.

 

:-)  :-D 🙂

22 thoughts on “T & J seputar Ular

  1. mba mau nnya nih ular saya lg mau ganti kulit besarnya hampir sama kya mba,yg di fhoto itu saya baru beli 1 minggu yg lalu.awalnya jinak pas di pegang n menatap wajah nya ko jadi galak yah hampir mengigit saya? tolong dijawab mksh ya

  2. mba saya baru beli ular besarnya hampir sama kya pnya mba yg di fhoto,awalnya di pegang jinak,pas mau ganti kulit matanya selaput putih,n kulitnya kusam saya coba pegang ko,jadi galak yah,ingin mengigit saya? hrus gmna yah,tlong djwab,mksh ya?

    • hehehe…itu wajar. untung lho ga digigit, ular itu galak kalo ganti kulit. jadi, pada saat ganti kulit untuk pemula harus lebih hati2. kalau mau di pegang lagi lebih amannya nunggu setelah ganti kulit. pada saat ganti kulit mata ular memang putih. karena selaput matanya jga berganti kulit, jadi buta. makanya pemberian feeding tidak disarankan saat berganti kulit, bisa2 makananny mubazir ga di makan.

  3. mau nanya, itu ular pup kira2 berapa lama setelah makan ya? saya pemelihara dipong pemula😀, tp uda 2 kali di kasi makan ga pup2, itu hal yang wajar kah?

    • sebenarnya itu hal yang kurang wajar. tiap habis makan, kalau pencernaan ularnya bagus. 2-3 hari setelah makan harusnya sudah pup. untuk memperbaiki pencernaannya harus dijemur. kandang juga harus dalam kondisi kering. menjemur ular di pagi hari di matahari pagi akan membantu. pada saat penjemuran sediakan juga air minum di kandangnya. agar tidak kehausan. selamat mencoba ^^v

  4. Saya mau tanya kak..ular boa saya pas ganti kulit pernah gigit saya…apa ada kemungkinan ular tersebut menjadi galak selamanya? Apa ada trik agar ular tersebut menjadi jinak lagi?Terimakasih..

    • ular boa itu cepat galaknya, jadi ga bisa lama2 dilepas tanpa dihandling. 2 minggu ditinggal aja bisa galak lagi. kalo bs cari orang yang udah pengalaman minta tolong di handling kan. buat minimalisir resiko kamu digigit lagi. kemungkinan jinak ada dong.
      for info = ular itu kalo lagi ganti kulit emang galak, senstif, apalagi kalo matanya udah memutih, maksudnya area kulit di mata udah keliatan dan nutupin matanya. saat itu ularnya jadi buta sementara waktu sampai kulitnya bener2 ngelupas, saat itu super sensitif.
      Coba pegang lagi aja, setelah kulitnya ngelupas semua. nanti juga jinak lagi. tapi kalo masih trauma minta tolong orang lain yang udah pengalaman.
      Selamat mencoba =)

      • Kak..saya nanya lagi ya..hehe..pas umur berapa boa bisa di sexing? Atau ciri-ciri secara fisik nya gmana untuk mengetahui jenis kelaminnya? Terimakasih…

      • kalo aku tau nya sanca, buat sexing paling ga umurnya 1.5-2 tahunan baru bisa sexing.
        kalo buat tau alat kelaminnya lihat di pangkal ekor, dekat dubur nya. nah, kalo sexing harus hati2, ntar kalo ularnya panik tofunya (tofu = cairan putih bau sebagai bntk proteksi diri buat ular) malah keluar. jadi waktu sexing lbh baik dilakukan 2 orang.ada yang tugasnya megang kepala, dan ada yang tugasnya megang ekor.
        aku ga berani sexing, jadi dl ularku di sexingin ama temen.
        cuma, kalo sexing itu bagusnya pas udah dewasa. cth dulu aku kirain ularku betina, eh trnyta pas udah gede jantan.
        buat tau perbedaan bntk kelamin, cb tanya aja sama tempat kamu beli ular. aku lupa kalo cewek dan cowok penampakan saat area deket dubur bawah ekor itu bntkny gimana.
        semoga membantu.

  5. Kakak Citra
    Ular saya ular Pohon
    Dryopsis prasinus
    Oriental whip snake
    Itu kalau sedang shedding apakah tetap di ranting(pohon) atau di bebatuan ?

    Dan ciriciri perbedaan ular sakit dengan ular sheeding itu bagaimana?
    Karena ada juga yang menyebutkan bahwa tanda jika ular sakit itu matanya memutih
    Sedangkan shedding kan juga kak.

    Dan jika ada benjolan di badan ular apakah itu parasit cacing atau semacam bisul kak?

    Terima kasih mohon bantuannya.
    Rizal
    Dan
    Blaze yupi si uler 🙂

  6. q mo nanya,q sbagai pemula dalam memelihara ular,tuk saat ini q pelihara ular pelangi dan saat ini lg mo ganti kulit,yg pngen q tanyakan harus nunggu berapa hari tuk ngasih makan ular setelah ganti kulit

    • Saat shading *ganti kulit* ular biasanya kehilangan nafsu makan. Saya pribadi memberikan makan 3 hari setelah proses shading selesai. dengan catatan minum tetep disediakan bagi ular.

  7. Mba mau tanya, kalo bau kotoran ular itu sprti apa? Apa seperti bau kotoran manusia? *krn ada yg blg baunya kaya kotoran manusia
    Thx.

  8. Ka citra aqu Mau nanya nie borneo aqu abis gagal sendding Baru aja selesai terus dya lemes gitu ka kenapa yaa?? mohon infonya ka plizz…

    • Gagal shedding nya gimana Dicky?. Baru setengah badan yg terkelupas?.

      Selama shedding di dalam kandang ada air minum ga?. Kondisi di dalam kandang polos hanya berisi ular ataukan ada benda tertentu yg bs dijadikan halangan buat ularnya terus bergerak dan meneyangkutkan kulitnya?.

      Kapan terakhir kali ularmu makan?.

Ikutan Komentar Yukkk...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s