John Carter (2012)


Title
 : John Carter Year : 2012 | Genre :  Action, Adventure, Fantasy |Cast : Taylor Kitsch, Lynn Collins, Samantha Morton, Willem Dafoe, Thomas Haden Church, Mark Strong, Dominic West, Ciarán Hinds, James Purefoy, Daryl Sabara, Bryan Cranston  Director : Andrew Stanton

Semalam saya bersama teman2 menonton film “John Carter”. Awalnya agak ogah-ogahan menyaksikan film ini. Maklum saja, saya bukan orang yang begitu menyukai jenis film Action, apalagi kalau banyak adegan perang. Tapi menonton film ini memberikan pengalaman yang sangat berbeda.

Film Action Fantasy yang meceritakan petualangan seorang manusia (John Carter) yang diperankan oleh Taylor Kitsch ke Mars. Alur cerita film ini melompat-lompat dari beberapa tempat dan beberapa waktu. Penokohan karakter dalam cerita tidak begitu kuat, tapi film ini menurut saya sangat menghibur. Kenapa?.

Karena baru kali ini saya menonton film action yang banyak sentuhan komedi tapi juga tidak menghilangkan kesan penonton untuk bisa menikmati petualangan, pertempuran, kisah cinta yang romantis, perjuangan, yang didukung dengan special effect yang baik. Apalagi bila ditonton dalam format 3D.

Sebagai penggemar cerita romantis dan komedi membuat saya betah menonton film ini hingga habis, rasanya menakjubkan. kesan saya saat menoton film ini sama dengan ketika saya menonton film avatar. Petualangan, romantis, dengan spesial efek yang menakjubkan. Walaupun dari efek suara tidak sebaik avatar but I Love This Movie. Awesome.

Film ini diawali dengan cerita pembuka mengenai siapa John Carter, seorang kavileri yang hebat dengan berbagai penghargaan. dan bagaimana ambisiusnya ia untuk mendapatkan gua emas. Gua emas yang mengantarkannya pada kekayaan. Dalam pencariannya, ia kehilangan anak dan istrinya dalam kebakaran. Saat itu hatinya sangat hancur.

Ia berpetualang untuk mendapatkan gua emas, ambisinya. Sampai akhirnya ternyata ia bisa menemukan gua tersebut. Gua itulah yang mengawali petualangannya ke mars. Karna mengucapkan satu kata “Jasoom” yang berarti mars di dalam gua tersebut sambil memegang medalion yang juga berfungsi sebagai teleporter. Di bagian ini akan mengingatkan kita pada “Smallville”. Petualanganpun dimulai.

Saat tiba di mars John Carter memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain di planet “Jasoom”, yaitu meloncat dengan tinggi. Karena kepadatan tulang yang lebih tinggi dan gravitasi planet yang lebih rendah, Carter mampu melompat tinggi dan mampu melemparkan pukulan yang keras. Kemampuan inilah yang membantunya dalam banyak hal. Sedikit mirip spiderman tanpa jaring. Ada beberapa adegan yang memperlihatkan keheroikan John dalam menyelamatkan Dejah Thoris, Putri dari Kerajaan Helium yang ada di Mars.

Mars didiami oleh Bangsa Helium, Zodanga, Thark, dan Kera Putih. Kenampakan fisik bangsa Helium dan Zodanga mirip dengan manusia Bumi “Darsoom”. Sedangkan Thark merupakan bangsa pejuang, punya tanduk pendek di wajah seperti mammoth, bertangan empat, dan berkaki dua. Kera Putih sejenis kera raksasa dengan taring yang mengerikan.

sumber (https://i0.wp.com/www.indiewire.com/static/dims4/INDIEWIRE/e617db9/4102462740/thumbnail/485x341%3E/http://d1oi7t5trwfj5d.cloudfront.net/75/764b50698111e19987123138165f92/file/John-Carter-1-680.jpg)

Jadi keseluruhan cerita sebenarnya menceritakan perjalanan seorang pria bumi ke mars dan perjuangannya untuk kembali ke bumi. Tapi dalam perjuangannya untuk kembali ke bumi ia goyah karena perasaan cintanya. Cinta untuk seorang putri mars, pada akhirnya ia pun harus memilih ingin tinggal dimana.

Ada satu kutipan kalimat yang paling saya ingat di film ini “Pria dapat dengan mudah mengubah pedangnya, tapi tidak hatinya“. Bagian yang paling saya sukai adalah saat john carter dikepung untuk dibunuh dan ia mengingat kenangan masa lalunya yang gagal untuk berjuang, dan ia ternyata benar-benar berjuang hingga titik akhir di kesempatan yang ada saat itu, membunuh yang ingin melukai Dejah. It was really cool, deep indise, and so sweet. Karakter yang paling saya sukai adalah Whoola.

sumber (https://i0.wp.com/images.zap2it.com/images/movie-8726110/john-carter-1.jpg)

Kenapa saya suka whoola?. Nanti ditonton aja ya kelucuan whoola di filmnya.

Review film action ini tiba-tiba malah berubah menjadi seperti kisah romantis, maklum saya lebih fokus pada bagian yang saya sukai #pletak. hehehe

Pokoknya film ini bagus dan menghibur banget buat saya. Recommended for watching.

Sumber (https://i0.wp.com/getasword.com/blog/wp-content/uploads/2012/03/john-carter-movie-2012.jpg)

Kalau mau liat trailernya bisa dibuka disini (http://www.youtube.com/watch?v=WR6HUkzxjR0)

Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

39 pemikiran pada “John Carter (2012)

      • ah, kehebatan reviewer terletak pada sudut pandang tak terduga yang ia gunakan dalam meresensi sebuah buku. kalau cara pandangnya konvernsional, mending gak usah diresensi. hihihi *pletak lagi ah…. d(^__,^)b

    • Hehehe… ditunggu reviewnya Mas, bagus lho filmnya. Judulnya aja yg kurang menarik. Biasanya judul dengan nama apalagi dengan awalan John bercerita tentang kisah patriotik atau biografi tokoh. Mungkin orang ngirainnya seperti itu, padahal ceritanya beda bgt.
      Kalau mas eraha yang buat reviewnya pasti lebih mendalam dan menonjolkan sisi Action nya. Kalo saya kan cm sisi romantis dan lucunya aja.
      Hehehe

      • hehe,,,ntar aku mo bahas dari asal-usul tokoh john carter juga. itu kan diangkat dari novel klasik. sudah ada sejak 1911. sebenarnya cerita ttg penjelajahan luar angkasa yg pertama tu ya di cerita john carter ini.

      • Aku juga sempat baca kalo ceritanya disadur dari novel klasik yang berseri. Hebat ya yang nulisnya, bisa ngebayangin sampe segitunya.
        Tapi aku baru tau dari mas eraha kalo novel ini yang pertama membahas perjalanan ke luar angkasa.
        Makasih inponya mas.

    • Kalau gitu sabar menanti,,,saya jadi inget cerita nonton kemarn. pas noton saya dibarisan 2 sebelum pojok. kirain pojok sudah nda ada yang bakal ngisi. ternyata ada pasangan pacaran yang sibuk berdua. risih sangat.

    • Gus…
      Terimakasih suah ikut mampir kesini…
      hahaha
      kita jangan main gampar2an lah…
      kita kan tidk boleh saling menyakiti…#ala2menasehati
      doain bulan depan dapat kiriman lebih ya…mau nonton The Raid. hehehe

      • glek!! “mau nonton The Raid” ?
        huaaahuahuhuhuhu… suer cit, koment itu paling menyakitkan :'(((
        *ngejedotin kepala ke pintu sambil berdoa moga-moga kali ini gak keduluan sama citra.. ihiks

Ikutan Komentar Yukkk...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s