Jawaban Pe Er dari Mas Eko

Beri mereka 5 pertanyaan wahahahahahaha ini nich mau kasih pertanyaan apa ya, coba dunk jelaskan pandanganmu tentang :

  1. Rezeki
  2. Jodoh
  3. Umur
  4. Cinta
  5. Dan Persahabatan
Kutipan di atas itu adalah pe er saya selanjutnya dari mas Ekoeriyanah. Baiklah akan mulai saya jawab satu2. tapi saya mau jawab dari urutan paling bawah dulu ahhh…
  • Persahabatan

Sahabat terdekatku adalah diriku sendiri. Bukan berarti diluar konteks kalimat ini saya ga punya sahabat. Tapi menurutku esensi yang utama adalah bersahabat dulu dengan diri sendiri sebelum bersahabat dengan orang lain. Dulu ga pernah kepikiran seperti itu sampai berbagai ujian hidup datang dan pergi silih berganti. kadang benar-benar menjadi single fighter, kadang diberi belas kasih lebih olehNya dengan diberi kesepatan ditemani sahabat2. Tapi seberapa banyak yang datang dan pergi, wujud nyata perpanjangan kasih Tuhan menurutku dengan menghadirkan raga untuk menemani dan menguatkan batin yang bergejolak. saya bingung menjelaskannya. Tapi itulah pandangan hidup saya soal persahabatan. Saat nanti saya bisa mencintai diri sendiri secara utuh mungkin pada saat itu orang-orang disekitar saya dan sahabat2 sudah benar2 bisa merasakan cinta yang utuh juga dari saya. Bagaimana saya mencintai diri, begitulah saya mencintai mereka. Mencintai mereka ibarat mencintai diri. Inilah gambaran persahabatan yang ingin saya capai melalui proses yang namanya kehidupan.

  • Cinta

Menarik saat ada pertanyaan tentang cinta. Dulu saya pernah punya rencana melakukan survey kepada 100 orang mengenai definisinya tentang cinta. Tapi belum bisa saya selesaikan. Baru ada 36 responden dengan jawaban yang berbeda-beda. Mengagumkan, bagaimana cinta itu maknanya bisa diartikan secara begitu banyak dan luas dalam kehidupan. Bagiku hati itu kondisinya kosong untuk menampung sebanyak-banyak cinta yang bisa di tampung. egois atau maruk (mungkin), tapi kalau bukan karena cinta dariNya yang kita tampung dalam hati dan kehidupan, saat itulah kita akan merasakan apa yang disebut dengan kehampaan. Karna kehampaan sama dengan kosong. Lalu apa itu cinta?. Menurutku cinta itu abstrak, tidak terdefinisi, kau tau ia tidak nampak dalam bentuk kebendaan, hanya dalam bentuk perasaan. Tapi kau yakini keberadaannya. Saat seseorang meyakini cinta itu ada, maka saat itulah ia meyakini tanda-tanda kebesaran Tuhan di dirinya.

  • Umur

Titik balik kehidupan benar-benar saya alami sejak tahun 2007, ujian besar yang merubah sudut pandang saya terhadap hidup dan kehidupan, melihat pahit manis, getir dan bahagia datang silih berganti. Puncaknya saat tahun 2010 ketika saya mulai sering keluar masuk RS. Ada kata-kata yang selalu terngiang-ngiang dalam pikiran “Hidupmu itu hari ini”. Sejak dulu sering saya dengarkan, sejak dulu saya yakini saja. Saya merasa masih begitu banyak kekurangan yang melekat dalam diri saya pribadi. Itulah kenapa saya diuji, agar menjadi lebih baik. Karna saya hidup untuk hari ini, maka sedih sekali rasanya kalau ada hari dimana saya hanya bersantai tanpa memberikan peningkatan untuk diri dan kehidupan saya, syukur-syukur bisa memberi nilai tambah juga kepada orang lain. Saya tidak terpikir akan hidup hingga usia berapa, yang saya pikirkan saat ini “Apa yang bisa saya tinggalkan untuk orang yang hidup dengan segala keterbatasan kemampuan yang saya miliki”. 

  • Jodoh

Jodoh juga pembahasan yang sangat menarik. Ada jodoh rambut, jodoh hidup, jodoh sebagai sahabat, jodoh bertemu, jodoh berkenalan. Saya termasuk orang yang percaya tidak ada yang kebetulan dalam hidup. Semua yang terjadi sudah diatur oleh penguasa kehidupan kita. Untuk jodoh saya sepenuhnya menyerahkan bagaimana Tuhan membawa saya kedalam perkenalan, pertemanan, pertemuan, kepercayaan dengan berbagai orang yang akhirnya nanti akan saya temui lewat pilihan yang saya ambil dalam hidup.

  • Rezeki

Berezeki baik itu tidak harus melulu dianalogikan dengan jumlah harta kekayaan dalam bentuk materi yang melimpah ruah. Parameter utamanya menurutku halal tidaknya rezeki itu. Orang yang berezeki baik menurutku orang yang mampu membawa pulang rezeki yang halal untuk keberkahan keluarganya. Menjadi orang yang jujur saat ini memang sangat susah, apalagi kita hidup di jaman uang sudah serupa Tuhan, digilakan. apa-apa memang butuh uang. Untuk menjadi seorang dermawan, tanpa harta mana bisa. Bahkan perjuangan Rasulullah pun harus disokong biaya yang tidak sedikit mengantarkan beliau pada hidup yang sangat sederhana. Beliau menjadi panutan pemimpin luar biasa, yang tetap amanah dalam kegemilangan kondisi hingga kondisi yang sulit sekalipun. Menjadi kaya itu bagus, apalagi bila hartanya digunakan dengan baik dari rezeki yang halal. Asal dalam mengejar rezeki itu cara-caranya juga baik. 

Sekian dulu jawaban Pe Er saya dari mas Eko

yeeee…. saatnya tidur siang… n______n

Semoga bermanfaat ^^

29 thoughts on “Jawaban Pe Er dari Mas Eko

  1. boleh nambahin ya….
    kalo menurut saya rezeki itu adalah apa yang kita gunakan sesuai kebutuhan. Misal, kita punya harta sekarung beras, tidak berarti sekarung itu rezeki kita, sebab disana terdapat juga rezeki keluarga kita yang lain yang memakan beras dan juga disana juga ada rezeki ayam atau rezeki kucing yang memakan beras tsb. Jadi rezeki kita, hanya beras yang kita makan saja. Dan rezeki tidak selalu uang dan materi ia bisa berupa non materi seperti kemampuan menulis itu adalah rezeki juga…😀

  2. wahhh konsep yang indah dalam pandangan yang berbeda melihat hidup membuat saya melihat keragaman dan suasanan pemandangan baru dalam setiap jawabannya d(^0^)b semoga jawaban tersebut mampu mengingatkan kita akan konsep hidup yang berlaku untuk semua manusia d(^0^) – peernya dapat nilai bagus nich hehehehe

    jiayooooo – HARI INI ADALAH MILIK KITA

    • Masa hari ini milik orang lain mas =,=
      hehehe
      eh,,,mau nitip salam dong sama mbak Eriyanah nya.
      aku kan sempat liat halaman fanpage mas eko di facebook. seneng banget liat foto mas eko sama mbak eriyanah sepedaan berdua. so sweet deh menurutku.
      asiknya nge-blog emang gt mas. kita sering mendapat subtitusi pandangan hidup dari temen2. jadi pertemanan kita terikat dengan rasa saling memberi dan menerima. n______n

  3. ikutan ngerjain PR nya (sok eksis :P)
    kebetulan habis mbaca2 ttg Hamka
    -Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit, bersih dan suci. Jika ia jatuh pada tanah yang subur, di sana akan tumbuh kesucian hati, keikhlasan, setia, budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai terpuji. (Hamka)

      • Cinta itu hadir dengan sangat lembut. aktivitas yang bahkan dilakukan secara sadar atau tanpa sadar oleh semua mahluk hidup. Ibarat manusia yang bernafas, dia tidak perlu belajar bagaimana cara bernafas, tidak perlu mengingat2, bahkan dalam keadaan tidur atau pingsan pun tak akan pernah terhenti. Sehalus itu kehadirannya, namun tak bisa kita campakkan. Sekali mencampakkan, seolah kita berhenti bernafas: mati!
        Cinta adalah nafas. Biarkan dia mengalir begitu saja.
        Cinta adalah nafas. Karena setiap yang bernafas butuh cinta

      • hehehehe,,,tapi beneran lho Cit, tulisannya inspiratif, kamu suka sastra ya?
        sibuk apa ya..:D yang paling dominan sih kerja, tapi sebenarnya gak sibuk-sibuk banget kok,, hehe

      • suka bermain kata2 dan suka kata2 yang maknanya dalam mba wid. suka baca buku sastra dan puisi atau buku2 yang filosofis. hehehe

        eh…mba wid kerja dimana?. domisilinya dimana sih mba?. kali2 saya bisa maen gitu. n_______n

      • hehehe…wahhh…jadi ada tumpangan nih kalau main ke jogja.
        jogjanya mana mbak wid?.
        nanti aku mau kesana bulan Juli. mau dampingin sepupu yang wisuda. ^^

  4. “Sahabat terdekatku adalah diriku sendiri. ” wah mmhhh🙂 setuju. btw banyak banget 100 orang yang mau ditanya soal cinta hehehe..tp baru dapat 36 orang yah? hayooo lanjutkan sisanya di survey lagi hehe

Ikutan Komentar Yukkk...

