Jasa Pelayanan Travel yang Mengecewakan

Sekedar berbagi pengalaman.

Semoga pengalaman serupa tidak terjadi pada yang lain. Sudah 2x saya menggunakan jasa travel ini, ini yang kedua. travel yang direkomendasikan oleh agen perjalanan diamana saya pernah memesan tiket pesawat. kekeliruan saya adalah pada saat adik saya membayar tiket ke agen perjalanan, tidak memastikan lagi travel apa yang akan mengantarkan adik saya tiba sampai Surabaya.

Saya sempat mengungkapkan komplain saya ke pihak agen perjalanan. kami membayar untuk biaya penjemputan dan juga biaya perjalanan. tapi pelayanan yang kami dapatkan tidak sesuai dengan yang kami bayarkan. saya pribadi tidak merekomendasikan menggunakan jasa antar layanan travel ‘Tombo Ati Semarang’. saya tidak tau bagaimana jasa layanan travel ini untuk daerah lain. tapi untuk pelayanan dari Semarang ke Surabaya 2x saya rasa sangat mengecewakan.

Ilustrasi – mobil travel

Bukan hal yang baru bagi saya menggunakan jasa travel, bukan hal yang baru juga dalam pengetahuan saya biasanya travel dititipi paket. pengalaman pertama saya menggunakan jasa travel ini, supir marah-marah dan mengancam kami kalau kami tidak menurut tidak akan diantar sampai ketempat tujuan. saat itu saya melakukan perjalanan bertiga bersama adik dan sepupu. mobil travel yang jelas sudah sumpek dengan barang, ditambah lagi hingga space-nya benar-benar penuh. alhasil sumpek luar biasa. buat saya itu tidak masalah selama tidak ada asap rokok yang mengepul masuk, dan tanpa marah dan mengancam tentunya. adik saya sangat sensitif terhadap asap rokok. hampir saja ia sesak nafas di dalam mobil travel.

Setelah saya melayangkan komplain, pada perjalanan kami berikutnya ke Semarang pihak travel tidak menghubungi jasa travel ini untuk kami. melainkan travel yang lain. saya kira kali ini juga sama. kemarin saya reservasi tiket travel via sms ke pihak agen travel langganan kami, karena kondisi fisik yang kurang mendukung pembayaran dilakukan oleh adik saya.  ternyata kali ini ‘travel tombo ati’ lagi yang akan mengantarkan adik saya.

Pantas saja saya heran, kenapa supir yang menghubungi saya ini marah-marah saat saya menjelaskan alamat. saat bapak ini menelepon untuk pertama kali saya angkat dan saya jelaskan alamat saya. dia mengaku mengerti. kemudian saat dia menelepon untuk kedua kali saya jelaskan lagi dan dia mulai marah-marah. saya menawarkan untuk menyusul, menanyakan posisinya. untuk kemudian mengarahkan ke kostan. biar bagaimanapun saya agak kesulitan kalau harus mengantarkan adik saya beserta barang yang banyak, karena sedang tidak fit. kemudian bapak ini berkata saya ini tidak mengerti dalam menjelaskan alamat dan dia bilang dengan sepihak ‘pokoknya saya tunggu di pom bensin’ dan langsung menutup telepon.

Astaghfirullahaladzim. saat itu air mata saya sempat sedikit menetes. saya merasa kenapa pelayanannya seperti ini. sebenenarnya ini travel apa?. tanpa pikir panjang saya lalu mengambil motor memaksakan diri ke pom bensin sambil membawa barang-barang adik saya. selang beberapa waktu saya pun menelepon bapak itu kembali. saat saya tanya bapak itu dimana ternyata beliau baru saja melewati kostan saya. padahal saat saya tanya beliau bilang sedang berada di undip. lokasi yang berlawanan jauh dengan kostan saya. bapaknya berbohong dan malah marah-marah lewat telepon.

Kami menunggu, sambil menenangkan diri bersama. saya dan adik saling mengingatkan untuk sabar dan tidak terpancing emosi. sembari saya berdoa semoga perjalanan adik saya lancar, walaupun harus diawali dengan kejadian yang tidak mengenakan seperti di atas.

Saat menunggu di pom bensin, tiba-tiba ada pengamen banci yang lewat. sebelumnya hendak ingin mengamen. kemudian saya menolak. akhirnya kami malah sempat mengobrol karna adik saya menyapa duluan dengan ramah. sambil bertanya kami akan kemana, dia mengantarkan hingga ke mobil travel. karena mobil travelnya malah diparkir diseberang jalan yang berbeda dari pom bensin dan saya mengungkapkan kekecewaan saya saat itu. bahwa supirnya marah-marah.  saat bertemu supirnya kemudian berkata ‘pak tolong jangan marah-marah. ini adik saya lho’. adik saya tersenyum, saya diam. kemudian bapak supirnya bilang dengan sewot ‘siapa juga yang marah-marah’.

Semoga hal serupa tidak terjadi kepada rekan-rekan yang lain. bila sudah berlangganan dengan satu agen travel dan merasa cocok lebih baik menggunakan jasa travel yang sama. lakukan pemesanan beberapa hari sebelum keberangkatan, tanyakan apa nama jasa travel yang akan mengantar dan bagaimana pelayanannya. bila tidak sesuai karena waktunya masih senggang bisa mencari travel yang lain.

semoga kuat, semoga sampai disana tepat waktu. amin

sekian

semarang, kost laras 12, 26072012, 21.46

Iklan

7 pemikiran pada “Jasa Pelayanan Travel yang Mengecewakan

  1. yang sabar cit..tetap berdoa ya..semoga si adek baik2 aja..tadi dia juga cerita gitu, supirnya marah2 karena kesasar…

    • ia om anix… T_______T mari doakan kety bersama. aku selalu sangat khawatir kalau dia sendirian. biar gimanapun dia kadang2 benar2 seperti anak kecil yang tetap harus di-emong. semoga tetap kuat sampai surabaya. amin

  2. Lho, bukannya travel itu lebih nyaman sist?
    Tanpa asap rokok, pelayanan memuaskan, dapat minum, snack dan full AC.
    Jika seperti itu, sumpek dan penuh, mending ngebis aja kali ya?

    Pelayanan memang seperti itu, bayar full tapi terkadang membuat kita tidak nyaman dan bahkan hendak emosi.

    Tarik nafas dan istighfar, Sist.hihihihi

  3. Ping balik: [Polling] Apa yang kamu kerjakan setelah Sahur? « Langkah Catatanku

Ikutan Komentar Yukkk...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s