Metamorfosis

Suatu saat kita akan menyaksikan sisi metamorfosis diri kita lewat unggahan gambar yang merepresentasikan perubahan diri.

Saya yang hadir dalam tulisan ini akan menjadi seorang wanita tua yang cara berfikirnya dianggap kuno oleh kaum muda. Di masa 35 tahun dari saat ini, jika saya masih hidup, yang bisa saya bagikan kepada generasi di bawah saya adalah gambaran dunia yang siklusnya saya saksikan selama masa metamorfosis saya.

Metamorfosis manusia itu bukan ulat menjadi kupu-kupu yang cantik. Tapi manusia yang tetap menjadi manusia, tidak berubah wujud. Namun punya akal pikiran, hati nurani yang membentuk manusia menjadi makhluk yang tidak hanya sekedar terbungkus kulit, kemudian menjadi keriput, dan mati. Ada ‘nilai’ disana.

Dalam kacamata saya yang berada di masa ini saya melihat banyak nilai bertebaran. Yang tidak muncul begitu saja, ada yang karena lingkungan, ada yang karena pikiran, atau ada dengan alasan lain.

Manusia dianggap bermetamorfosis karena nilainya. Nilai di mata Tuhan, nilai di mata manusia. Dianggap bukan metamorfosis jika nilainya buruk atau negatif. Mungkin terpesona pada keindahan kupu-kupu, sehingga metamorfosis dimaknai secara positif.

Sehingga orang-orang yang belum mencapai peningkatan nilai dianggap ‘belum bermetamorfosis’. Karena tidak ada dalam sejarah kupu-kupu yang indah itu kembali menjadi ulat.

Sama halnya dengan saya di 35 tahun mendatang, hanya bisa memandangi foto-foto masa muda saat ini, mungkin akan sedikit tersenyum memandangi kenangan, atau mencoba mengingat hal esensial yang sekiranya harus saya sampaikan kepada anak cucu. ‘untold story’ cerita yang belum tersampaikan.¬†Kemudian sedikit mengagumi diri yang terlihat segar di masa muda.

Dan pada saatnya nanti akan ada yang berakhir sebagai kupu-kupu, ada yang tidak.

– Siklus kehidupan hanya akan bermakna bagi siapa saja yang merindukan perubahan –

Ikutan Komentar Yukkk...

