Kotak Sumbangan

Sewaktu berbelanja roti di Indomart beberapa malam yang lalu, sampat kaget menyaksikan “2 orang sedang sibuk dan gelisah saat membuka 2 kotak sumbangan di depan Indomart”.

Keduanya adalah pria. Pria pertama sepertinya berusia di atas 43 tahun. Dengan badan kekar, jaket hitam, tampilan necis. Mengawasi sekeliling dengan gelisah. Pria kedua masih remaja tanggung, menurutku berusia 18 tahun. Tampilannya khas anak muda masa kini, rambut model terbaru. Memegang kurang lebih 25 buah kunci. Gelisah mencobanya satu persatu dengan terburu-buru. Kejadiannya, sekitar pukul 9 malam.

Kotak tersebut bertuliskan “kotak amal untuk anak yatim”, dengan foto-foto anak yatim yang ditempelkan di kotak tersebut.

Saya perhatikan kedua orang tersebut, yang sepertinya mau isi kotak tapi tidak mau ketahuan. Setelah kotak terbuka keduanya mengeluarkan kantung kain milik mereka masing-masing.

Saat itu, kantung kain yang kira2 berukuran 75×50(cm) itu terisi 3/4 bagian, hampir penuh. Ada 2 kotak yang disimpan di depan Indomart. Keduanya dibuka dan diambil isinya oleh pria-pria tersebut. Itu baru dari 1 tempat, padahal masih ada 23 kunci lagi yang kemungkinan kotaknya disebar di daerah lain.

Di Ibukota, segala jenis modus bisa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan pribadi. Saran saya, jika ingin menyumbang via kotak sumbangan di depan usaha ritel. Cari kotak sumbangan milik lembaga resmi. Seperti PKPU, dompet dhuafa, DPU-DT, rumah zakat, dll. Tujuannya, agar yang dibagikan sampai kepada yang membutuhkan.

Jakarta, 230215

Iklan

Ikutan Komentar Yukkk...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s