Serba-serbi Seputar Kalsium

Hai kawan-kawan semua. Hari ini saya kembali membuat postingan mengenai spasmofilia. Semoga bermanfaat buat kawan-kawan dan spasmocuters. Spesifikasi pembahasan dalam tulisan saya kali ini mengenai kalsium.

Postingan kali ini mengenai kalsium karena ada dari spasmocuters yang mengalami defisit kalsium. Simpelnya seperti ini, bagi spasmocuters yang mengalami kasus di atas tidak bisa menyerap kalsium secara utuh. Misal, dalam segelas susu ada sebesar 100mg kalsium. Maka yang akan terserap sekitar 20mg saja. Padahal ada standar normal yang paling tidak harus dipenuhi setiap hari untuk spasmocuters menurut rentan usia.

Pemaparan selanjutnya kita bahas satu-satu ya di bawah ^^

Apakah Kalsium itu?

Kalsium adalah zat organik yang paling banyak terdapat dalam tubuh manusia. Pada manusia normal, kandungan kalsium adalah 1,5 sampai 2,2% dari berat tubuh, berat total sekitar 700 sampai 1400 g. 99% dari kalsium tersebut terdapat di dalam tulang dan gigi. Sisanya tersebar di cairan tubuh dan di dalam jaringan lunak, dalam bentuk larutan. Kalsium tersebar di dalam dan di luar pembuluh darah, di dalam dan di luar sel di seluruh tubuh, dan ikut serta dalam berbagai aktivitas kehidupan.

Sumber-sumber

Sumber kalsium terbagi dua, yaitu hewani dan nabati. Bahan makanan hewani yang mengandung kalsium antara lain adalah ikan, udang, susu, kuning telur, dan daging sapi. Sayangnya, jika dikonsumsi berlebihan bahan hewani ini, terutama daging sapi, bisa menghambat penyerapan kalsium, karena kadar proteinnya tinggi.

Kandungan proteinnya yang tinggi akan meningkatkan keasaman (pH) darah. Guna menjaga agar keasaman darah tetap normal, tubuh terpaksa menarik deposit kalsium (yang bersifat basa) dari tulang sehingga kepadatan tulang berkurang. Karena itu, sekalipun kaya kalsium makanan hewani harus dikonsumsi secukupnya saja. Jika berlebihan, justru dapat menggerogoti tabungan kalsium dan mempermudah terjadinya pengeroposan tulang.

Bahan makanan yang mengandung kalsium nabati bisa diperoleh dari sayuran daun hijau seperti sawi, brokoli, daun pepaya, daun singkong, daun labu. Selain itu biji-bijian (kenari, wijen, almond) dan kacang-kacangan serta hasil olahannya (kedelai, kacang merah, kacang polong, tempe, tahu).

Apa fungsi kalsium terhadap mekanisme tubuh?

Kalsium merupakan regulator aktivitas kehidupan tubuh manusia.

Kalsium mengemban fungsi fisiologis yang penting dalam tahap pertumbuhan manusia, mulai dari anak-anak sampai dewasa bahkan hingga usia tua, kalsium merupakan unsur penting yang tak boleh kurang untuk menjamin tubuh yang sehat.

Kalsium mempunyai peran vital pada tulang sehingga dapat mencegah timbulnya osteoporosis. Namun kalsium yang berada di luar tulang pun mempunyai peran yang besar, antara lain mendukung kegiatan enzim, hormon, syaraf dan darah. Berikut beberapa manfaat kalsium bagi tubuh :

– Mengaktifkan syaraf

– Melancarkan peredaran darah

– Melenturkan otot

– Menormalkan tekanan darah

– Menyeimbangkan keasaman/kebasaan darah

– Menjaga keseimbangan cairan tubuh

– Mencegah Osteoporosis (keropos tulang)

– Mencegah penyakit jantung

– Menurunkan resiko kanker usus

– Mengatasi kram, sakit pinggang, wasir, dan reumatik

– Mengatasi keluhan saat haid dan menopause

– Meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui

– Membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi

– Mengatasi kaki tangan kering dan pecah-pecah

Hasil penelitian membuktikan bahwa kalsium lebih banyak dibutuhkan oleh kaum wanita daripada pria, alasannya:

– Menghindari Ancaman Osteoporosis, saat menopouse wanita akan kehilangan sejumlah besar hormon estrogen yang bisa mengakibatkan penyakit osteoporosis.

– Membantu pembentukan tulang dan gigi

– Membantu pembekuan darah, tanpa kalsium darah tidak bisa membeku bila terjadi luka.

– Menghindari sindrom pramenstruasi, pada siklus haid ketiga gejala PMS bisa dikurangi hingga 48 persen pada wanita yang menelan kalsium

– Mengurangi resiko gejala batu ginjal, kalsium memiliki efek protektif yang mencegah penyerapan oksalat yang bisa membentuk batu di ginjal.

– Melindungi bayi dalam kandungan, wanita yang diberi suplemen kalsium selama masa kehamilan akan memiliki anak-anak yang cukup terlindungi dari resiko hipertensi.

– Setelah umur 20 tahun, tubuh manusia akan mulai mengalami kekurangan kalsium sebanyak 1% per tahun. Dan setelah umur 50 tahun, jumlah kandungan kalsium dalam tubuh akan menyusut sebanyak 30%. Kehilangan akan mencapai 50% ketika mencapai umur 70 tahun dan seterusnya mengalami masalah kekurangan kalsium.

– Karena defisit kalsium sangat mudah terjadi pada wanita, sehingga disarankan untuk mencukupi kebutuhan kalsium sesuai AKG setiap harinya. Usia terbaik untuk menimbun kalsium di tulang dan juga di darah bagi wanita adalah pada rentan usia 20-30 tahun. Di atas rentan usia 30-40 tahun kemampuan penyerapan kalsium akan terus menyusut. Kemampuan penyerapan kalsium di usia produktif tentu saja akan sangat berbeda dibanding dengan usia non-produktif. Sehingga, ada perbedaan produk susu di pasaran untuk memenuhi kebutuhan kalsium sesuai dengan rentan umur.

Apa yang akan terjadi jika tubuh kita kekurangan kalsium?

Nyeri otot tulang
Kekurangan kalsium menyebabkan pergerakan yang tidak normal pada seluruh otot licin dan otot jantung, sehinga tubuh kehilangan kelincahan, pengendalian keseimbangan, gerakan dan kemampuan koordinasi. Gerakan tubuh ditentukan oleh stimulasi otot tulang, sementara rangsangan otot tulang timbul karena peran kalsium yang sangat penting. Jika asupan kalsium dalam tubuh tidak memadai, maka akan terjadi nyeri pada otot tulang.

Keropos tulang/osteoporosis
Kalsium dalam tubuh berperan sebagai elemen ang memberi kekerasan pada tulang. Oleh karena itu, kalsium mampu membentuk kerangka yang mampu menanggung berat badan. Jika dalam tulang tidak terdapat endapan kalsium yang cukup, maka akan terjadi kekacauan dalam metabolisme sel tulang, hingga volume tulang berkurang.

Kekebalan tubuh berkurang
Kekuranan kalsium mampu memicu terjadinya penurunan kekebalan tubuh. Karena dengan kekurangan imunitas tubuh terhadap serangan penyakit, maka dengan sangat mudah terjangkit berbagai penyakit yang seharusnya bisa ditangkal oleh system kekebalan tubuh.

Daya ingat berkurang
Ion kalsium berperan penting dalam proses pengeluaran dan pengiriman sinyal syaraf. Rangsangan pada syaraf otak besar berhubungan erat dengan transmisi ion kalsium di dalam dan diluar neuron. Ketika organisme kekurangan kalsium, dendosignal syaraf juga mengalami hambatan mekanisme rangsangan dalam tubuh manusia juga mengalami kerudakan. Gejala pada anak anak mudah kaget, menangis di malam hari, resah, sulit tidur dan super aktif.

Ganguan dalam jantung
Jantung mengemban tugas untuk mempertahankan nyawa. Meski hanya sebesar kepalan tangan, jantung mampu mengantarkan darah setiap saat kesetiap sel dalam tubuh. Kemampuan ini berasal dari konstraksi otot jantung secara terus menerus. Padahal konstraksi dan ekspansi jantung serta penyimpanan dan pengunaan energinya tidak lepas dari pengaruh kalsium.

Berapa banyak kalsium yang diperlukan tubuh manusia setiap hari?

Kebutuhan harian kalsium adalah 800 mg untuk dewasa di atas 25 tahun dan 1.000 mg setelah usia 50 tahun. Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi 1.200 mg kalsium per hari. Kebutuhan kalsium anak-anak dan remaja meningkat sesuai usia:

– Bayi berumur s.d. 5 bulan : 400 mg

– Bayi 6 bulan s.d. 1 tahun : 600 mg

– Anak usia 1 s.d. 10 tahun : 800 mg

– Remaja usia 11 s.d. 24 tahun: 1.200 mg

Kalau untuk pasien spasmofili konsumsi yang dibutuhkan berdasarkan anjuran dokter. karena disesuaikan dosisnya dengan kondisi personal hasil cek elektrolit darah pasien. ini juga menentukan berapa lama dosis tersebut harus dikonsumsi.

Berikut adalah trik untuk menambah asupan kalsium harian Anda:

1. Jangan lupa minum susu
Semakin kita dewasa, kita sering terlupa untuk minum susu. Ini adalah kesalahan umum. Jika Anda tak memiliki permasalahan dengan susu (lactose intolerant), atau vegan, maka meminum susu sehari-hari adalah cara terbaik mengasup kalsium. Banyak yang salah mengartikan, bahwa dengan meminum susu seseorang bisa jadi tambah gemuk, karena lemaknya. Padahal, jika ini menjadi hambatan bagi Anda, Anda bisa memilih susu berkalsium tinggi yang non-fat atau low-fatYoghurt, keju, butter, dan es krim juga bisa jadi sumber kalsium yang baik.

2. Camilan
Coba cek kandungan kalsium yang terdapat dalam frozen yogurt yang sekarang banyak dijual di mal. Biasanya fro-yomengandung kalsium antara 200-300 mg per gelasnya. Puding, cakefudge, atau makanan pencuci mulut lainnya juga sering menggunakan susu (bisa mengandung kalsium hingga 600 mg).

3. Makanan utama
Tambahan keju di dalam makanan utama juga bisa menjadi sumber kalsium. Contohnya, keju mozzarella, ricotta, dan parmesan, yang mudah ditambahkan pada makanan utama seperti pasta. Mulailah hari Anda dengan menambahkan keju di omelet atau telur orak-arik Anda.

4. Kalsium tambahan
Belakangan ini kalsium menjadi nutrisi tambahan yang amat penting, bahkan sudah banyak makanan instan yang sudah dilengkapi dengan kalsium. Contohnya, jus jeruk, sereal, susu kedelai, dan lainnya. Para produsen makanan tentunya berusaha membantu para konsumen dengan menciptakan produk yang kaya akan nutrisi, di antaranya kalsium.

5. Makanan hijau
Brokoli, lettucebok choy, sawi, dan sayuran berdaun hijau adalah sumber kalsium yang cukup baik. Masalahnya, kalsium pada sayuran tak terlalu mudah diserap tubuh dibandingkan susu. Anda bisa mencoba mengkombinasikan asupan sayuran Anda dengan menggabungkan bayam atau lettuce. Taburkan juga wijen atau kacang (yang juga merupakan sumber kalsium yang baik) dan keju.

6. Kombinasikan pil suplemen
Agar kalsium bisa diserap tubuh, diperlukan magnesium. Sebab jika kandungan kalsium tinggi sementara magnesiumnya rendah, kulit juga bisa kekurangan kepadatannya. Keseimbangan adalah kuncinya. Para ahli merekomendasikan perbandingan 2:1 antara kalsium dan magnesium. Jika Anda meminum suplemen 1.000 mg per hari, Anda akan butuh 500 mg magnesium. Tubuh kita hanya bisa menyerap 500 mg dalam sekali waktu, dan akan mengeluarkan sisanya. Jadi, sebaiknya Anda mengkonsumsi kalsium dalam dosis rendah setiap harinya. Kalsium karbonat harus dikonsumsi bersama makanan padat, sementara kalsium sitrat bisa dikonsumsi bersama atau tanpa makanan.

7. Padukan dengan vitamin D
Vitamin D juga penting untuk kesehatan tulang, dan memiliki hubungan yang bersinergi dengan kalsium. Disarankan agar tubuh terkena paparan matahari selama 15 menit per hari. Namun, sinar matahari yang dimaksud adalah sinar yang sehat, di bawah pukul 09.00. Sinar matahari bisa membantu tubuh membangun vitamin D secara alami, namun biasanya tetap dibutuhkan suplemen terpisah untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

8. Kurangi kopi
Terlalu banyak konsumsi kafein mendorong pengeluaran kalsium dari dalam tubuh. Jika memang Anda harus mengkonsumsi kopi, coba tambahkan susu atau krim (tapi bukan non dairy creamer) ke dalam kopinya.

9. Hati-hati dengan diet tinggi protein
Ada beberapa diet yang membuat pasiennya harus makan makanan hewani saja. Padahal makanan hewani justru mencuri kalsium perlahan-lahan dari tulang. Karena daging hewan mengandung banyak protein yang dipecah menjadi komponen yang asam. Tubuh mencoba mengolah tersebut menggunakan kalsium. Jika Anda banyak mengkonsumsi daging merah dan telur, maka Anda perlu menambah asupan kalsium sehari-hari.

Untuk pasien dengan alergi laktosa seperti saya, saya memilih untuk mengkonsumsi pil suplemen. pil suplemen yang saya konsumsi adalah Natures Bounty Calcium, Magnesium, Zinc with Vit.D”

Tablet kalsium yang pertama saya kenal adalah natures bounty. Atas rekomendasi sesama spasmocuters. Satu tablet mengandung 333,33 mg kalsium dan 200 IU vitamin D. Dalam sebotol terdapat 100 butir tablet kalsium. Suplemen ini bisa didapatkan di Guardian dengan harga Rp. 198.000/ botol. tapi Guardian sering mengadakan diskon untuk suplemennya. Saat diskon harganya sekitar Rp. 160.000/ botol. Saya mengkonsumsi suplemen ini karena didalamnya sudah terdapat tambahan magnesium dan zinc.

Terlalu banyak kalsium dapat berbahaya bagi tubuh.

Tubuh tidak dapat menyerap kalsium bila tidak memiliki cukup magnesium dan fosfor. Magnesium dan fosfor mengubah bentuk kalsium sehingga dapat diserap tubuh. Kalsium dan magnesium diedarkan oleh tubuh melalui albumin dalam darah.

Terlalu banyak kalsium akan membuat magnesium terdesak dari albumin sehingga tidak tersalurkan lewat darah dan tubuh akan kekurangan magnesium. Bila tidak cukup mendapat magnesium, ginjal tidak dapat memproses kalsium sehingga dapat terjadi endapan batu ginjal.

Selain fosfor dan magnesium, vitamin D, zinc dan zat besi juga diperlukan dalam pengolahan kalsium dan dapat terdesak peranannya oleh kalsium yang berlebihan. Konsumsi kalsium, magnesium, fosfor, vitamin D, zinc dan zat besi harus berimbang agar tubuh tetap sehat.

Suplemen kalsium biasanya tidak dibutuhkan bila konsumsi harian Anda cukup mengandung makanan yang kaya kalsium. Berikut adalah beberapa porsi makanan dan kandungan kalsiumnya:

– Susu satu cangkir (350 mg)

– Segelas jus jeruk (290 mg)

– Satu kerat keju (200 – 250 mg)

– Sepotong pizza (230 mg)

– Sekaleng sarden (185 mg)

– Setangkup es krim (90 mg)

– Secangkir brokoli (76 mg)

– Sepotong besar tahu/tempe (258 mg)

– Yoghurt rendah lemak tanpa rasa: 300-450 mg per porsi (1 cup)

– Keju Amerika: 350 mg per porsi ( 2 ons)

– Susu sapi (berlemak atau rendah lemak): 300 mg per porsi ( 1 cup)

– Susu kedelai berkalsium: 300 mg per porsi (1 cup)

– Jus jeruk berkalsium: 300 mg per porsi (1 cup)

– Keju Cheddar: 300mg per porsi (1.5 ons)

– Bayam: 120 mg per porsi ( 1 cup – mentah atau 1/2 cup dimasak)

– Buah Jeruk : 50 mg per porsi (1 buah jeruk ukuran sedang)

– Oatmeal siap saji: 100 mg (1 bungkus)

– Kentang: 44 mg per porsi ( 1/2 cup – halus)

– Sayuran hijau, sayur-sayuranan berdaun lebar, tahu, tempe.

Nah, untuk temen-temen spasmocuters pasti bisa menganalisa sendiri gejala apa yang muncul di tubuhnya karena defisit kalsium. Ada yang mengalami nyeri, kaku, atau penurunan daya ingat, dll. Jadi ga boleh malas ya minum kalsium sesuai anjuran dokter yang menangani. ^^

Sekian dulu postingan kali ini. lain waktu disambung lagi yaaaa…

Salam sehat, salam hangat dari Semarang.

16082012, kost laras 12

Sumber referensi

http://fkmusm.wordpress.com/2011/10/12/kalsium/

http://ummuraja.blogspot.com/2011/04/cerita-tentang-kalsium-pada-si-anak.html

http://momzdayz.blogspot.com/2009/07/diary-menu.html

8 pemikiran pada “Serba-serbi Seputar Kalsium

  1. Kak boleh saya minta nomer hapenya karena terus terang saya butuh dukungan. Saya tidak berani bercerita kpd suami maupun keluarga mengenai hal ini. Saya takut jika saya cerita saya akan dijauhi. Saya psitif spasme grade 3 dan semakin hari yg saya rasakan badan saya semakin tidak karuan. Tolong y kak

  2. saya emmi,29 thn.Tulang dibagian belakang saya sering nyeri,bila duduk lebih dari 1 jam.Itu gejala osteoporosisi atw bukan yaa mbak??suplemen yg cocok utk menghilangkan nyeri di tulang belakang saya apa y mbak,terima kasih sebelumnya 🙂

    • Hai Emmi… Kalau tulang belakang sering nyeri mungkin bs karena posisi duduk yang kurang baik atau karena asupan air putih kurang. Asupan air putih yang kurang bisa menperberat kerja ginjal, salah satu indikasinya nyeri di tulang belakang bagian bawah. Atau bisa jadi karena ada faktor lain, mungkin bs dicoba dulu dengan memperbaiki posisi duduk dan minum air putih yang cukup setiap hari. Kalau tidak ada perubahan bisa mengindikasikan hal lain. Untuk lebih jelasnya sebaiknya jangan sungkan berkunjung ke dokter. Semoga membantu yaaa. 🙂

  3. Mba Citra apakah saya boleh minta no hpnya juga??
    Orang terdekat saya juga menderita spasmofilia dan mudah stress karena sifatnya jadi saya sangat butuh sharing pengalaman mba citra untuk membantunya.
    Terima kasih sebelumnya

Ikutan Komentar Yukkk...